Jumat, 04 Maret 2011

tugas 2 etika profesi

Nama: rizky akbar
NPM: 30408934
Kelas: 3 ID 03

A. Jelaskan tentang tata tertib kehidupan di Kampus yang berlaku umum untuk semua activitas academica ! Apakah aturan tata tertib memang diperlukan di lingkungan kampus? Jelaskan alasannya!
Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan penyelenggaraan tugas pokok Universitas Gunadarma, diperlukan suasana yang tertib di dalam kehidupan kampus. Untuk menjamin dan memelihara suasana tersebut ditetapkan Tata Tertib Kehidupan Kampus bagi mahasiswa Universutas Gunadarma.
Yang dimaksud dengan mahasiswa Universitas Gunadarma adalah mereka yang dinyatakan diterima sebagai mahasiswa Universitas Gunadarma melalui seleksi penerimaan mahasiswa baru, telah meyelesaikan segala persyaratan administratif yang diwajibkan, terdaftar / aktif pada semester yang berjalan, bukan termasuk alumni (yang telah menyelesaikan studinya di Universitas Gunadarma).
Mahasiswa bersama civitas akademika yang lain yakni dosen serta komponen yang terkait seperti tenaga administratif berkewajiban untuk melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik dalam rangka mencapai tujuan Universitas Gunadarma.
Dalam setiap kegiatan, baik kegiatan akademik maupun non akademik mahasiswa harus mengikuti dan mentaati seluruh peraturan akademik, peraturan non akademik, prosedur, serta tata cara yang sitetapkan dan menjadi kebijaksanaan Universitas Gunadarma.
Aturan tata tertib memang diperlukan di lingkungan kampus karena aturan dan tata tertib dibuat agar setiap perilaku, kegiatan dan aktivitas dapat tersusun secara rapi dan seragan, dan juga membuat kita terbiasa menjadi manusia disiplin, sopan, jujur, ber etika, sehingga seluruh masyarakat di lingkungan kampus menjadi manusia yang bermoral dan berbudaya

B. Jelaskan perilaku/sikap/ tindakan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh mahasiswa di kampus! Berikan minimal 10 contoh nyata yang saudara amati dan solusi yang saudara tawarkan!
1. Membuang sampah sembarangan
solusi: menyediakan tempat sampah lebih banyak dan menaruh tempat sampah pada tempat-tempat yang sering dipakai mahasiswa berkumpul.
2. Membuang berbagai jenis sampah sembarangan
solusi: menyediakan tempat sampah dengan membedakan jenis sampah tersebut. Sampah organik dan non organik.
3. Merokok di dalam kampus
Solusi: menyediakan tempat khusus yang nyaman kepada perokok. Agar mereka nyaman mengikuti peraturan itu.
4. Berpacaran didalam kampus
Solusi : setiap lantai diberi penagawas lantai untuk memberi teguran kepada para mahasiswa mahasiswi yang bertindak mencurigakan.
5. Merasa senior kepada adik kelas
Solusi: seharusnya sering diadakan pertemuan atau kegiatan-kegiatan positif kepada seluruh mahasiswa tiap jurusan agar dapat lebih saling mengenal tiap angkatan.
6. Berpakaian tidak sopan
Solusi: dengan adanya pengawas di tiap lantai maka para mahasiswa atau mahasiswi yang berpakaian tidak sopan dapat segera di tegur atau bahkan di beri sanksi agar jera.
7. Membawa, mengedarkan dan memakai obat-obatan terlarang
Solusi: memberikan sanksi tegas kepada pelaku serta terus menerus memberikan peringatan kepada seluruh mahasiswa tentang bahaya dari perilaku tersebut
8. Membolos atau memberi tanda tangan kepada absentsi teman.
Solusi: seharusnya absensi di buat dengan sistem sidik jari mahasiswa, agas tidak ada tipu muslihat mengenai absent
9. Merusak fasilitas kampus
Solusi: memberi penjelasan dan pengertian tentang tingkat kesadaran menjaga fasilitas kampus
10. Meembuat kegaduhan dalam kampus
Solusi: memberi teguran kepada tiap pelaku kegaduhan
C. Jelaskan perilaku/sikap/ tindakan yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa di kampus! Berikan minimal 10 contoh!
1. Membuang sampah pada tempatnya
2. Bersikap baik dan sopan
3. Menjaga kerapihan kelas yang sedang digunakan.
4. Tidak membuat suasana gaduh pada lingkungan kampus
5. Selalu hadir tiap pelajaran.
6. Datang tepat waktu
7. Berpakain rapi dan sopan
8. Tidak mengobrol pada saat kelas berlangsung.
9. Tidak membuat tulisan-tulisan pada fasilitas kampus.
10. Menyapa kepada dosen yang kita kenal.
11. Memakai sepatu tertutup tiap kali datang ke kampus.

D. Isilah checklist berikut dengan jujur!, jawablah dengan Ya atau tidak

No Pernyataan Ya Tidak
1. Saya selalu berpakaian yang pantas/ sesuai dan rapi setiap kali ke kampus ya
2. Saya selalu mengenakan sepatu setiap kali pergi ke kampus ya
3. Saya selalu datang tepat waktu ke ruangan kuliah tidak
4. Saya merasa bersalah bila datang terlambat di kelas ya
5. Saya kadang-kadang ngobrol dengan teman pada saat dosen mengajar ya
6. Saya selalu membuat catatan kuliah tidak
7. Saya menyapa dosen yang mengajar di kelas saya tidak
8. Saya mengenal semua dosen yang mengajar saya tidak
9. Saya membuang sampah selalu pada tempatnya ya
10. Saya mengingatkan teman yang membuang sampah sembarangan ya
11. Saya mengatur kembali bangku di kelas setelah kuliah selesai tidak
12. Saya tidak merokok di dalam gedung/ ruangan ya
13. Saya di kampus pernah ditegur orang lain karena sikap/perilaku saya yang tidak patut tidak
14. Saya pernah menegur mahasiswa lain yang melakukan tindakan tidak pantas di kampus tidak
15. Saya tidak peduli dengan apa yang dilakukan oleh mahsiswa lain di kampus, sepenuhnya adalah tanggungjawab mereka tidak
16. Saya percaya pada kemampuan sendiri ya
17. Saya pernah nyontek pada saat ujian ya
18. Saya pernah melakukan plagiat terhadap karya orang lain ya
19. Saya memberikan kontribusi untuk perbaikan suasana akademik di lingkungan kampus tidak
20. Saya lebih senang bekerja sendiri dari pada kerja kelompok tidak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar